Senin, 27 Oktober 2008

Menulis KTI itu Mudah

Oleh Masnur Muslich


KATA PENGANTAR

Kehadiran buku ini didasari pertimbangan berikut. Selama ini guru-guru sudah sering mendapatkan teori penulisan karya ilmiah (KTI) lewat berbagai forum seminar dan/atau lokakarya yang berlabel “KTI” tetapi sebagian besar di antara mereka tetap saja kurang – bahkan tidak – dapat melaksanakan KTI sesuai dengan yang diharapkan. Biangnya adalah materi yang dibicarakan dalam forum ilmiah “bergengsi” tersebut masih berkutat pada tataran teoretis dan belum menyentuh kebutuhan praktis. Akibatnya, ketika mereka dihadapkan padan langkah-langkah konkret apa yang harus dilakukan dalam penulisan KTI, mereka tetap saja dirundung kecanggungan dan kebingungan.
Kedua, ketika lima tahun terakhir ini penulis dimintai bantuan oleh sekelompok guru untuk melakukan pendampingan penulisan KTI, mereka ternyata dapat melaksanakannya dengan lancar mulai pada tahap perencanaan, pelaksanakan, sampai pada tahap pelaporan. Keberhasilan ini bukan karena penulis ikut campur dalam penulisannyanya, tetapi hanyalah memberikan saran-saran konkret apa yang harus mereka lakukan setiap tahapan dalam pengembangan KTI. Akibat lanjutnya adalah para guru yang sebelumnya kepangkatan mereka macet pada golongan IVA sekarang naik menjadi IVB, bahkan empat tahun berikutnya menjadi IVC. Kelancaran ini karena syarat utama yang berupa KTI mendapatkan nilai maksimal dari Tim Penilai Provinsi atau Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi.
Sebagai bagian dari kewajiban moral, pengalaman keberhasilan pendampingan tersebut perlu penulis tularkan kepada para guru yang selama ini mendambakan keberhasilan penulisan KTI. Apakah karena mereka dilatarbelakangi oleh kemacetan kenaikan pangkat atau memang ingin menjadi sosok guru yang profesional karena selalu ingin meningkatkan keberhasilan dalam penyampaian gagasan kritis terkait dengan bidang studi yang digelutinya .
Atas pertimbangan itulah, buku bertajuk Menulis KTI itu Mudah ini disusun. Semoga upaya ini ada guna dan manfaatnya bagi para “pahlawan pendidikan” demi masa depan anak bangsa.


Malang, Juli 2008


Masnur Muslich




DAFTAR ISI

Bab 1: APA ITU KTI?
a. Mengapa KTI Menjadi Pilihan?
B. Apa Perbedaan KTI dan Jenis Karya Ilmiah yang Lain?
C. Apa Ciri Karya Tulis Ilmiah?
D. Apa itu Sikap Ilmiah?
E. Apa Jenis KTI Anda?

BAB 2: BAGAIMANA MEMILIH TOPIK?
A. Apa itu Topik?
B. Dari Mana Anda Memperoleh Topik?
C. Apa Saja Syarat Topik KTI?
D. Apa Jenis Topik KTI Anda?
E. Apa Perbedaan Topik dan Judul?

BAB 3: BAGAIMANA MENYUSUN KERANGKA KTI?
A. Apa itu Kerangka?
B. Bagaimana Tahapan Penyusunan Kerangka?
C. Bagaimana Pola Kerangka KTI Hasil Kajian Pustaka?
D. Bagaimana Pola Kerangka KTI Hasil Penelitian Kuantitatif?
E. Bagaimana Pola Kerangka KTI Hasil Penelitian kualitatif?
F. Bagaimana Pola Kerangka KTI Hasil Pengembangan?

BAB 4: BAGAIMANA MENCARI BAHAN PENULISAN KTI?
A. Apa itu Bahan?
B. Apa saja Syarat Bahan?
C. Bagaimana Tipe-tipe Bahan Penulisan?
D. Bagaimana Cara Perekaman Bahan Pustaka?
E. Bagaimana Cara Perekaman Bahan Hasil Penelitian?

5: BAGAIMANA sistematikan dan konVensi penulisan KTI
A. Bagaimana Sistematikan Penulisan KTI?
B. Bagaimana Penulisan Kutipan?
C. Bagaimana Penulisan Pustaka Acuan?
D. Bagaimana Penulisan Tabel dan Gambar?

BAB 6: BAGAIMANA penggunaan bahasa dalam KTI?
A. Bagaimana Penggunaan Kata dan Istilah?
B. Bagamana Penyusunan Kalimat?
C. Bagiamana Penyusunan Paragraf?
D. Bagaimana Penggunaan Ejaan?

BAB 7: BAGAIMANA KONVENSI PROFIL KESELURUHAN KTI?
A. Bagaimana Bagian Awal KTI?
B. Bagaimana Bagian Inti KTI?
C. Bagaimana Bagian Akhir KTI?

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Tidak ada komentar: