OLeh Masnur Muslich (2008)
Katanya siapa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sangat sulit dan menjadi biang kemacetan kenaikan pangkat? Buktinya, beberapa guru yang mengikuti arahan penulis (lewat program pendampingan) dapat melaksanakan PTK dengan lancar. Dampaknya, yang sebelumnya kepangkatan mereka macet pada golongan IVA sekarang naik menjadi IVB, bahkan empat tahun berikutnya menjadi IVC. Kelancaran ini karena syarat utama yang berupa karya PTK dapat nilai maksimal oleh Tim Penilai Provinsi.
Kalau toh Anda ngotot mengganggap PTK sulit bahkan Anda anggap “momoK” ada sedikit benarna karena pemahaman dan pengetahuan Anda tentang PTK hanya terbatas pada tataran teoretis, belum menyentuh tataran praktis. Seminar dan lokakarya yang berlabel “PTK” yang selama ini Anda ikuti pun pada dasarnya hanya mempermantap anggapan Anda karena yang dibicarakan dalam forum “bergengsi” itu selalu berkutat pada kajian teori dan belum kenyentuk kebutuhan praktis Anda.
Lewat buku hasil refeksi penulis selama melakukan pendampingan pelaksanaan PTK oleh puluhan guru ini diharapkan dapat membongkar anggapan Anda bahwa PTK itu sulit dan “momok”, Sebaliknya, Anda harus yakin bahwa “melaksanakan PTK itu mudah” sebagaimana tajuk buku ini.
Ayo, tunggu apa lagi? Lakukan PTK lewat langkah-langkah konkret yang disarankan dalam buku ini! Enyahlah kemacetan Anda dalam mendambakan kenaikan pangkat!
KATA PENGANTAR
Kehadiran buku ini didasari pertimbangan berikut. Selama ini guru-guru sudah sering mendapatkan teori penelitian tindakan kelas (PTK) lewat berbagai forum seminar dan/atau lokakarya yang berlabel “PTK” tetapi sebagian besar di antara mereka tetap saja kurang – bahkan tidak – dapat melaksanakan PTK sesuai dengan yang diharapkan. Biangnya adalah materi yang dibicarakan dalam forum ilmiah “bergengsi” tersebut masih berkutat pada tataran teoretis dan belum menyentuh kebutuhan praktis. Akibatnya, ketika mereka dihadapkan padan langkah-langkah konkret apa yang harus dilakukan ketika melaksanakan PTK, mereka tetap saja dirundung kecanggungan dan kebingungan.
Kedua, ketika lima tahun terakhir ini penulis dimintai bantuan oleh sekelompok guru untuk melakukan pendampingan pelaksanaan PTK, mereka ternyata dapat melaksanakannya dengan lancar mulai pada tahap perencanaan, pelaksanakan, sampai pada tahap pelaporan. Keberhasilan ini bukan karena penulis ikut campur dalam pelaksanaannya, tetapi hanyalah memberikan saran-saran konkret apa yang harus mereka lakukan setiap tahapan PTK. Akibat lanjutnya adalah para guru yang sebelumnya kepangkatan mereka macet pada golongan IVA sekarang naik menjadi IVB, bahkan empat tahun berikutnya menjadi IVC. Kelancaran ini karena syarat utama yang berupa karya PTK mendapatkan nilai maksimal dari Tim Penilai Provinsi atau Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi.
Sebagai bagian dari kewajiban moral, pengalaman keberhasilan pendampingan tersebut perlu penulis tularkan kepada para guru yang selama ini mendambakan keberhasilan pelaksanaan PTK. Apakah karena mereka dilatarbelakangi oleh kemacetan kenaikan pangkat atau memang ingin menjadi sosok guru yang profesional karena selalu ingin meningkatkan keberhasilan dalam kegiatan instruksionalnya. Atas pertimbangan itulah, buku bertajuk Melaksanakan PTK itu Mudah ini disusun. Semoga upaya ini ada guna dan manfaatnya bagi para “pahlawan pendidikan” demi masa depan anak bangsa.
Terakhir, ucapkan terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang karya-karyanya terkutip dalam buku ini yang semata-mata demi memperjelas wawasan pembaca. Atas keikhlasannya, sekali lagi penulis ucapkan terima kasih.
Malang, Agustus 2008
Masnur Muslich
DAFTAR ISI
Bab 1 Menengok Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas
Ada apa dengan PTK?
Dari mana istilah PTK muncul?
Apa itu PTK?
Apa Tujuan PTK?
Apa karakteristik PTK?
Mengapa guru dianggap paling tepat untuk melakukan PTK?
Apa Manfaat PTK?
Bab 2 Mengembangkan Fokus Masalah dan Tujuan PTK
Munculnya masalah
Mengidentifikasi masalah
Memfokuskan masalah yang telah teridentifikasi
Memprioritaskan masalah yang akan dipecahkan
Mendiagnosislah kemungkinan penyebab masalah dan alternatif tindakan perbaikannya
Bab 3 Merencanakan Alernatif Tindakan
Merumuskan pemecahan masalah dalam bentuk hipotesis tindakan
Menganalisis kelaikan hipotesis tindakan
Mempersiapkan Tindakan
Bab 4 Melaksanakan dan Mengobservasi Tindakan
Mengobservasi tindakan
Teknik-teknik observasi dalam penelitian tindakan
Bab 5 Menganalisis dan Merefleksi Hasil Tindakan
Menganalisis data
Merefleksi hasil analisis
Bab 6 Menyusun Laporan PTK
Bagian awai laporan PTK
Bagian isi atau tubuh laporan PTK
Bagian akhir laporan PTK
Bab 7 Menyusun Proposal PTK
Hakikat dan fungsi proposal PTK
Bagian awal proposal PTK
Bagian isi proposal PTK
Bagian akhir proposal PTK
Daftar Pustaka
Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar