Sabtu, 18 Oktober 2008

KEGIATAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN


Selama menjadi tenaga edukatif di Unversitas Negeri Malang (dahulu IKIP Malang), saya mendapatkan kepercayaan mengampu matakuliah berikut.

  1. Linguistik Umum
  2. Fonologi Bahasa Indonesia
  3. Morfologi Bahasa Indonesia
  4. Sintaksis Bahasa Indonesia
  5. Penulisan Karya Ilmiah
  6. Penulisan Buku Teks
  7. Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia
  8. Seminar Bahasa
  9. Menulis Buku Ajar dan Buku Ilmiah

Serangkaian matakuliah yang saya ampu tersebut sesuai dengan minat atau konsentrasi saya selama ini. Sebab, sejak mahasiswa, saya suka menggeluti masalah kebahasaan (linguistik, fonologi, morfologi, sintaksis), pembinaan bahasa, penulisan buku ajar (buku teks), dan penulisan karya ilmiah. Dengan demikian, walaupun beberapa matakuliah yang saya ampu, saya tetap merasa ”in” karena sesuai dengan yang saya tekuni selama ini.

Pengalaman saya ketika mengampu matakuliah tersebut, saya manfaatkan untuk menulis buku ajar yang terkait dengan matakuliah tersebut. Dengan berbagai literatur yang saya baca dan hasil pengamatan saya terkait dengan topik-topik yang perkuliahan tersebut, saya dengan mudah dapat ”mengembangkan” bahan tulisan dalam bentuk buku ajar.

Hasilnya? Tanpa terasa saya telah menghasilkan puluhan buku yang siap dibaca oleh mahasiswa sebagai referensi perkuliahan.

Tidak ada komentar: