Senin, 27 Oktober 2008

KTSP: Dasar Pemahaman dan Pengembangan

Oleh Masnur Muslich
Penerbit Bumi Aksara Jakarta (2007)

KATA PENGANTAR

KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diberlakukan mulai tahun ajaran 2006/2007. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, KTSP ini disusun oleh satuan pendidikan masing-masing. Pemerintah (c.q. Depdiknas) hanya memberikan rambu-rambu penyusunanan atau pengembangannya. Lewat rambu-rambu yang berlandaskan piranti hukum mulai dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006 ini, satuan pendidikan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA) diharapkan bisa bisa mengembangkan KTSP sebagai dasar untuk merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran bagi siswa.
Buku KTSP: Dasar Pemahaman dan Pengembangan ini disusun dengan tujuan ingin menjembatani tugas mulia tersebut, walaupun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sudah menyusun panduan sejenis. Hal ini dimaksudkan agar pelaksana pendidikan (guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, komite sekolah, dan pihak-pihak yang terkait lain) mempunyai bandingan acuan dan tambahan wawasan sehingga lebih memperlancar dan memantapkan kinerja mereka.
Dengan pertimbangan praktis-pragmatis, uraian yang terdapat dalam buku ini lebih diarahkan pada langkah-langkah konkret yang bisa dipakai sebagai panduan pelaksana pendidikan (khususnya guru) dalam pengembangan KTSP. Oleh karena itu, urutan penyajian dalam buku ini pada dasarnya mencerminkan urutan kegiatan dalam pengembangan kurikulum.
Demi penyempurnaan buku ini, kami Tim Pengembang Strategi dan Kebijakan Pendidikan mengharapkan saran-saran konstruktif dari berbagai pihak, terutama para pelaksana pendidikan di lapangan. Untuk maksud tersebut, kami membuka alamat email: muslich_m@yaho.co.id.
Semoga upaya ini ada guna dan manfaatnya.

Malang, Februari 2007


Masnur Muslich




DAFTAR ISI

Bab 1 KTSP: Landasan, Prinsip, Komponen, dan Struktur
A. Apa Landasan Penyusunan KTSP?
B. Apa saja prinsip dan acuan pengembangan KTSP?
C. Apa saja komponen KTSP?
D. Bagaimana struktur KTSP?

Bab 2 Silabus: Landasan, Prinsip, Komponen, dan Pengembangan
A. Apa itu silabus?
B. Apa landasan pengembangan silabus?
C. Apa saja prinsip pengembangan silabus?
D. Bagaimana Pengembangan Silabus Selanjutnya?

Bab 3 Pemetaan Kompetensi Dasar, Analisis Alokasi Waktu, Program Tahunan (Prota)/Program Semester (Promes), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
A. Apa langkah berikutnya setelah silabus tersusun?
B. Apa itu Pemetaan Kompetensi Dasar Perunit?
C. Apa itu Analisis Alokasi Waktu?
D. Apa itu Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes)
E. Apa itu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Bab 4 KBM: Prinsip, Ciri, Cara Pengelolaan, Cara Penyediaan Pengalaman Belajar, Cara Pemilihan Strategi Pembelajaran
A. Apa prinsip dan Ciri Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam KTSP?
B. Bagaimana cara mengelola KBM?
C. Bagaimana cara menyediakan pengalaman belajar bagi siswa?
D. Bagaimana cara memilih strategi pembelajaran?

Bab 5 Penilaian Kelas: Pengertian, Ciri, Kriteria, Cara, Bentuk
A. Apa itu penilaian kelas?
B. Apa saja ciri penilaian kelas?
C. Bagaimana kriteria penilaian kelas?
D. Apa saja cara yang harus diperhatikan dalam melakukan penilaian kelas?
E. Apa saja bentuk dan teknik yang bisa diterapkan dalam penilaian kelas?

Pustaka Acuan
Lampiran-lampiran
Lampiran 1: Contoh Pengembangan KTSP
Lampiran 2: Contoih Pengembangan Silabus
Lampiran 3.1 Contoh Pemetaan Kompetensi
Lampiran 3.2 Contoh Analisis Alokasi Waktu
Lampiran 3.3 Contoh Program Tahunan dan Program Semester
Lampiran 3.4 Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Lampiran 4: Beberapa contoh keragaman pengalaman belajar untuk beberapa mata pelajaran
Lampiran 5: Daftar Contoh Alat Penilaian

Tidak ada komentar: