Senin, 27 Oktober 2008

KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual

Oleh Masnur Muslich
Penerbit Bumi Aksara Jakarta (2007)








KATA PENGANTAR

KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang diberlakukan secara bertahap mulai tahun ajaran 2006 memberikan keleluasaan kepada guru dan sekolah (lembaga tingkat satuan pendidikan) untuk mengembangkannya. Guru dan sekolah diberikan kebebasan untuk berkreasi dengan berpatokan pada standar isi, standar kompetensi lulusan, dan panduan penyusunan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah (c.q. Badan Standar Nasional Pendidikan). Sementara itu – sebagaimana dalam KBK yang sempat diberlakukan selama dua tahun (2004 – 2006) – kadar wawasan dan pemahaman guru dan sekolah terhadap KTSP masih sangat beragam, yang tentu akan berdampak pada keragaman penerapannya di lapangan, terutama dalam kegiatan instruksionalnya (KBM–nya). Hasil pemantauan menunjukkan bahwa sebagian besar guru masih belum paham benar akan pembelajaran yang berbasis kompetensi dan pembelajaran lewat pendekatan kontekstual, baik konsep maupun penerapannya. Padahal, kedua hal ini amat terkait dengan penerapan kurikulum yang saat ini sedang diberlakukan.
Buku KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual ini disusun dengan tujuan ingin memberikan arahan alternatif bagi guru dalam menjalankan tugas-tugas instruksional sehari-hari; dan memberikan arahan alternatif bagi para pengawas, penilik, pembina, kepala sekolah, dan pengembang kurikulum dalam pemantauan, pembinaan, dan pengembangan instruksioal di lembaga tingkat satuan pendidikan masing-masing. Harapan lebih lanjut, dengan ketercapaian tujuan tersebut akan bisa mempercepat ketercapaian standar isi (SI) dan standar kompetensi lulusan (SKL). Dengan demikian, dalam tataran makro, buku ini diharapkan bisa memacu ketercapaian standar nasional pendidikan sebagaimana yang telah menjadi cita-cita bangsa Indonesia.
Dikaitkan dengan buku KTSP: Dasar Pemahaman dan Pengembangan yang penulis susun sebelumnya, buku KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual ini merupakan kegiatan operasionalnya di kelas. Dengan demikian, kedua buku ini bagaikan sejoli yang tidak bisa dipisahkan.
Dengan pertimbangan praktis-pragmatis, uraian yang terdapat dalam buku ini lebih diarahkan pada langkah-langkah konkret (disertai contoh), yang bisa dipakai sebagai panduan instruksional (khususnya guru) dalam pengembangan KBM bagi siswanya. Oleh karena itu, urutan penyajian dalam buku ini pada dasarnya mencerminkan urutan kegiatan dalam tugas-tugas istruksional.
Demi penyempurnaan buku ini, kami mengharapkan saran-saran konstruktif dari berbagai pihak, terutama para pelaksana pendidikan (baca: guru) di lapangan. Untuk maksud tersebut, kami membuka alamat email: muslich_m@yahoo.co.id.
Semoga upaya ini ada guna dan manfaatnya. Semoga!

Malang, Maret 2007


MM



DAFTAR ISI

Bab 1: pendahuluan
Ø Mengapa buku ini disusun?
Ø Buku ini penting bagi siapa?
Ø Apa tujuan penyusunan buku ini?

Bab 2: Dasar-dasar Pemahaman Pembelajarn Berbasis Kompetensi
Ø Mengapa pembelajaran berbasis kompetensi?
Ø Apa perbedaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) itu?
Ø Bagaimana sosok Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)?
Ø Bagaimana sosok Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)?

Bab 3: Dasar-dasar Pemahaman Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual
Ø Mengapa perlu pembelajaran kontekstual?
Ø Apa pembelajaran kontekstual itu?
Ø Bagaimana strategi pembelajaran kontekstual?

Bab 4: Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Pendekatan Kontekstual
Ø Apa itu Perancanaan Pembelajaran atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)?
Ø Apa saja langkah yang patut dilakukan guru dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)?
Ø Bagaimana format RPP?

Bab 5: Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Pendekatan Kontekstual
Ø Bagaimana mengelola ruang Kelas atau tempat belajar?
Ø Bagaimana mengelola siswa?
Ø Bagaimana mengelola Kegiatan Pembelajaran?
Ø Bagaimana mengelola isi pembelajaran?
Ø Bagaimana mengelola sumber belajar?

Bab 6: Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Pendekatan Kontekstual
Ø Apa itu penilaian berbasis kelas (PBK)?
Ø Apa itu penilaian kinerja (performance)?
Ø Apa itu penilaian penugasan (proyek/project)?
Ø Apa itu penilaian hasil kerja (produk/product)?
Ø Apa itu penilaian hasil kerja (produk/product)?
Ø Apa itu penilaian tes tertulis (paper & pen)
Ø Apa itu penilaian portofolio?
Ø Apa itu penilaian sikap?

Daftar Pustaka
Lampiran-Lampiran
Lampiran 1: Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Metode Simulasi Tematis
Lampiran 2: Pengembangan Pembelajaran IPS-SD Berbasis Component Display Theory (CDT)
Lampiran 3: Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal
Lampiran 4: Metode Mengajar Berdasarkan Tipologi Belajar Siswa
Lampiran 5: Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal
Lampiran 6: Strategi Pembelajaran Sosiologi Tingkat SMA
Lampiran 7: Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disk dalam Pembelajaran Matematika
Lampiran 8: Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Seting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Belajar IPA Siswa SLTP
Lampiran 9: Contoh Kriteria Penilaian Portofolio

1 komentar:

Anonim mengatakan...

yuk sharing
http://ktsp-rpp.blogspot.com